Rem cakram Brembo, daya cengkeram kuat dan stylish - LajuPacu

Update

Post Top Ad

ads banner

Kamis, 29 Agustus 2024

Rem cakram Brembo, daya cengkeram kuat dan stylish

Rem cakram Brembo tak hanya menjadi andalan sejumlah produsen supercar di Eropa. Namun rem Brembo tersedia juga untuk produk mobil yang dipakai harian di Indonesia. Rem Brembo sudah banyak dilirik oleh pengguna mobil harian tidak hanya karena modelnya yang stylish tapi juga dari segi keselamatan yang mumpuni dalam berkendara.

Foto : Dok. www.brembo.com

Rem cakram atau piringan Brembo adalah salah satu komponen slow moving dengan usia pakai yang relatif panjang dan tidak berdasarkan kilometer tertentu. Apabila sudah terlambat mengganti kampas rem akan menyebabkan permukaan piringan rem terkikis oleh kampas rem. Salah satu gejala adalah timbulnya vibrasi pada pedal atau setir pada kendaraan anda.


Piringan rem yang bergelombang akibat suhu yang terlalu panas juga menjadi salah satu alasan dalam penggantian piringan rem. Sedangkan untuk membuat bergelombang butuh proses yang cukup lama. Diperkirakan daya tahan suhu normal pada rem cakram ini bisa mencapai 90 hingga 120 derajat celcius. Apalagi permukaan piringan rem tersebut polos dan tidak berventlasi.


Nah, dengan piringan rem pabrikan asal Italia ini memberikan brake pad jadi lebih tahan lama. Rem cakram Brembo juga tersedia produk aftermarket dengan harga yang terjangkau. Disamping tawaran harga aftermarket yang lebih kompetitif dari jenis rem cakram lainnya dan setara dengan produk kualitas internasional Brembo Italia.

Foto : Dok.tokopedia.com

Produk Brembo yang satu ini tersedia secara fisik yang bentuknya hampir sama dengan produk orisinil. Rem cakram Brembo terdapat dua varian yaitu oversized one piece rotor (satu rotor besar) dan oversized two piece rotors (dua rotor besar). Artinya rotor yang besar menggabungkan antara besarnya kapasitas rotor dan spesifik geometri yang berfungsi untuk meningkatkan torsi rem dan kapasitas thermal.


Sedangkan dua rotor besar atau oversized two piece rotors yang terinspirasi dari desain balap yang dapat memutar bobot berat guna meningkatkan torsi rem dan pembuangan panas. Meningkatkan performa pengereman dan kenyamanan. rem cakram ini terbuat dari dua bahan material yang berbeda, yakni alumunium untuk topi dan besi cor pada piringan hitam.

Foto : Dok.www.brembo.com

Lapisan yang terdapat pada bahan piringan rem tersebut lebih ringan sehingga dapat mengurangi bobot beratnya sekitar 15 - 20 persen. Sedangkan defleksi thermal piringan rem juga mengurangi kelebihan bobot berat sekitar 70 persen sehingga dapat memberikan kenyamanan berkendara dan irit bahan bakar.


Komposisi rem cakram ini memiliki tiga pola geometris yaitu lurus, berpilar dan melengkung. Adapun fungsinya sebagai pendingin atau masuknya aliran udara secara maksimal. Pola geometri ini dipilih oleh teknisi Brembo untuk menyediakan pembuangan panas yang optimal. Rem cakram Brembo tersedia dengan setelan di bor atau di slot sesuai dengan dimensi cover rem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here